RSS

Ketegaran Wanita

08 Mei

Penahanan Ketua (non aktif) Antasari Azhar karena tuduhan terlibat pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen menjadi topik pembicaraan menarik. Ironisnya, peristiwa didasari urusan syahwat. Meski hingga sekarang Antasari tetap membantah terlibat. Poin penting yang muncul adalah ketegaran sikap Ida Laksmiwati, istri Antasari. Pembawaannya tenang. Senyum pun masih terus mengembang ketika Ida menemani suaminya jumpa pers.

Begitu juga saat Antasari ditahan. Ida tidak mau suaminya terlantar dalam bui. Ia membawakan kasur lipat dan bantal. Suatu dukungan yang luar biasa. “saya tetap percaya Bapak”, ujar Ida saat itu. Tidak berlebihan jika kita katakan Ida adalah sosok istri panutan. Tetap bisa tersenyum ketika prahara asamara menghantam suaminya.

Habbiburrahman El Shirazy mengangkat tema ketegaran hati wanita yang kemudian diangkat dalam film Ayat-Ayat Cinta. Aisha merupakan sosok istri yang tegar ketika suaminya Fahri teracam hukuman lantaran tuduhan pemerkosaan.

Aisha memutar otak dan terus berusaha agar Fahri bebas dari hukuman. Hingga dipersidangan, Aisha meminta Fahri untuk menikah dengan Maria. Itu dilakukan hanya semata-mata agar Fahri bebas.

Kini, ujian itu jatuh ke diri Ida. Akankan Ida berusaha keras untuk membuktikan suaminya tidak bersalah?.

Hingga kini, Antasari tetap yakin tidak bersalah dan ada skenario besar dibalik peristiwa berdarah itu.

Memang, tidak ada kaitan antara Aisha dengan Ida. Dan Antasri juga memerankan kisah yang berbalik dengan Fahri. Antasari dituduh melakukan pembunuhan berencana dengan motif cinta segitiga.

Tokoh Internasional seperti Hillary Clinton juga berhati tegar. Ia mampu tampil tenang untuk meyakinkan publik saat suaminya terlibat skandal seks dengan Monica Samile Lewinsky. Hillary memberikan dukungan penuh pada suaminya. Kepercayaan publik AS pun kembali pulih kepada Clinton.

Sejumlah Politisi juga menggunakan kemesraan bersama istri untuk menangkis tuduhan miring. Lihat saja Sutrisno Bachir selau tampil mesra bersama istri, Anita Rosana Dewi, saat diguncang itu perselingkuhan dengan artis Nia Paramitha.

Begitu besar peran istri dalam menunjang karier suami. Namun seringkali kaum adam terlena dan melupakan orang yang setia menemani dari awal perjuangan karier. Senantiasa terlena dengan kondisi kekinian sehingga lupa akan masa lalu.

Selalu tergopoh-gopoh mencari pembenaran diri ketika masalah muncul. Sekuat tenaga mencoba mematahkan tuduhan yang mungkin saja benar.

Menggunakan orang yang kita sayangi sebagai tameng. Meski tanpa disadari, langkah itu mungkin melukai perasaan orang yang kita cintai. Dan sudah bukan rahasia lagi saat melakukan tindakan, selalu melupakan jasa seorang istri.

Orang jawa mengatakan,setialah pada pasangan seperti mimi lan mintuno. Potret sepasang hewan laut yang setia pada pasangan.

Bagaiman pun juga istri adalah sosok yang tegar. Mereka mampu tersenyum dan menangis disaat bersamaan, sehingga memayakan antara cinta dan benci.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Mei 2009 in Curhat!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: